Senin, 15 Maret 2010

Max Manus: Man of War

Sutradara: Joachim Rønning & Espen Sandberg



Penulis Cerita: Thomas Nordseth-Tiller



Tanggal Keluar :17 September 2009 (Indonesia)

Sinopsis: Setelah bertempur melawan komunis di Finlandia, Max Manus kembali ke Norwegia, yang saat itu sedang dijajah oleh tentara Nazi. Ia bergabung dengan para pejuang Norwegia yang memperjuangkan kebebasan Norwegia. Namun Max Manus tertangkap dan ditahan.

Selanjutnya, Max berusaha melarikan diri ke Scotlandia dan disana ia berlatih sebelum kemudian kembali ke Norwegia untuk melakukan misi sabotase atas fasilitas militer Nazi. Bersama Greger Gram, Max berhasil mensabotase Kapal Suplai Jerman. Keberhasilannya dalam misi ini menjadikannya target Komandan Gestapo Siegfried Fehmer.

Manus dan kawannya berhasil menghindari penangkapan dan kelompok ini disebut kelompok Oslo. Kota Stockholm menjadi tempat pertemuan para pejuang Norwegian. Disinilah Gram mengenalkan Max pada Tikken, seorang yang bekerja sebagai penghubung para penduduk Norwegia untuk konsulat Inggris. Keduanya pun membangun hubungan khusus.

Ketika perang menjadi semakin brutal, banyak teman Manus yang gugur ketika berjuang melawan Jerman dan ia mulai menyalahkan dirinya karna ia masih bertahan. Di dalam pertemuan dengan Fehmer ia menyadari bahwa setiap orang adalah korban sia-sia perang.

Rate: B